Tabulampotku

Tips Awal Untuk Memulai Usaha Kedai Kopi, Cafe atau Warkop


Beberapa tahun terakhir ini kedai kedai kopi baru banyak sekali bermuculan di seluruh daerah di Indonesia, seperti jamur di musim hujan. Begitu juga dengan banyaknya pertanyaan yang muncul dari costumer kami. Tapi dari sekian banyak pertanyaan, satu pertayaan yang pasti selalu ada, yaitu " Pak bagaimana sih kita untuk memulai usaha kedai kopi atau warung kopi, karena saya orang yang masih awam tentang kopi?"
Baiklah, langsung saja berikut saya akan tuliskan tips-tips atau langkah-langkah awal untuk membuat kedai kopi Nusantara.
1. Modal
Modal merupakan salah satu hal penting dari yang terpenting untuk memulai suatu usaha apapun. Tentukan besaran modal yang akan kita pakai untuk usaha. Menurut saya, jangan terlalu memaksakan diri untuk mendapatkan modal yang berlebih sehingga akan meyusahkan diri kita sendiri di kemudian hari (Proposional). Karena letak pengeluaran yang terbesar untuk memulai usaha ini adalah biaya sewa lokasi dan design eksterior dan interiornya.
2. Letak yang Strategis
Pemilihan tempat yang strategis merupakan hal penting yang kedua, karena nantinya ramai tidaknya usaha kita akan bergantung dari sini.
3. Lahan Parkir
Terkadang kita sering lupa akan lahan parkir dalam memilih letak yang strategis, kita hanya melihat lingkungan sekitar ramai, banyak orang dan kendaraan lalu lalang. Padahal setelah kita sewa tempat disekitar situ banyak costumer yang kebingungan untuk parkir. Ketka costumer kita susah untuk parkir itu juga membuat costumer menjadi kurang nyaman. Karena setiap orang yang datang ke kedai kopi mempunyai tujuan untuk ngopi dengan nyaman dan biasanya mereka betah berjam jam di dalam kedai.
4. Design Eksterior dan Interior
Tentukan konsep untuk design eksterior dan interior sesuai dengan keinginan anda. Usahakan tidak melebihi budget yang sudah anda tentukan untuk membuat design. Saat ini Penggunaan barang barang bekas sering dijadikan  pilihan untuk mendesign sebuah cafe. Seperti ban ban bekas, kotak pallet, karung goni, haspel bekas untuk menggulung kabel dan lain lain. Pilihan penggunaan barang bekas ini selain murah, menarik dan tentu menjadi unik, tentu saja dibutuhkan kreatifitas yang tinggi dalam memanfaatkan barang barang bekas ini.
5. Pelajari Produk Knowledge dari Menu
Sebelum memulai ada baiknya anda megadakan studi banding atau belajar soal menu yang akan anda sajikan ke orang yang kita percaya lebih tahu dan menguasai. Dengan kita sharing kepada orang lain akan menambah pengalaman dan masukan tentang suka duka dari usaha kedai kopi Nusantara.
Saran saya untuk awal mungkin tidak perlu terlalu banyak varian kopi, cukup 5-10 varian kopi dulu, dengan beberapa alat seduh kopi, terutama grinder.
Dengan kita memahami dan tahu produk knowledge dari apa yang kita jual nanti, akan menjadi senjata bagi kita jika ada costumer yg bertanya.
Untuk menghemat biaya pilih dan cari tempat sharing yang murah, kalo perlu cari yang gratis an tapi berbobot.
6. Mencari Pegawai
Untuk mencari pegawai ini sifatnya optional. Jika dirasa kedai kopi atau cafe anda berkapasitas besar, dan jam bukanya panjang maka saya rasa perlu, untuk mencari pegawai. Carilah pegawai yang jujur, mau bekerja keras dan jelas latar belakangnya.

Setelah langkah 1 - 6 kita lewati, maka kita sudah siap untuk memulai membuka usaha kedai kopi kita,
7. Promosikan Kedai Anda
Lakukan Promosi tentang usaha anda ini baik melalui media on line seperti medsos(FB, Instagram, Path dll) maupun media offline seperti membagikan brosur kepada masyarakat di sekitar anda dan promosi dari mulut ke mulut.
8. Service yang memuaskan
Berikan Service yang memuaskan bagi costumer anda, lakukan komunikasi yang harmonis dengan pelanggan. Karena dengan service yang baik dan ramah secara tidak langsung akan membuat pelanggan kita nyaman dan akan kembali lagi.
Pasang Wifi jika memang diperlukan agar lebih memikat pengunjung.
9. Inovasi dalam menciptakan menu menu baru 
Sering sering lah dalam berinovasi dan melakukan percobaan membuat menu menu baru sendiri, agar cafe atau kedai kopi anda memiliki menu yang unik dan tidak dimiliki oleh kedai kopi yang lain


Suka Duka dalam membuka Usaha
Saya tidak hanya ingin memberikan gambaran yang bagus-bagus saja tentang suatu usaaha. Karena usaha apapun pasti akan ada resiko, dan disitu kita di uji kesabaran dan kegigihan kita dalam berwiraswata menjalankan bisnis kita. Terkadang kenyataan tidak sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan. Karena terkadang namanya usaha tidak seperti kita naik pesawat terbang yang habis tinggal landas langsung terbang tinggi. Dalam berdagang pasti juga ada ramai dan sepi nya pengunjung.
Disini kita dituntut untuk selalu bersabar dalam menjaring dan mengedukasi costumer tentang budaya ngopi sehat.
Untuk Suka sudah jelas, jika tanggapan konsumen kita bagus kedai kopi kita menjadi ramai, banyak nambah saudara dan tentunya keuntungan juga meningkat.

Perhitngan omzet usaha kedai kopi :
Disini saya coba untuk memberikan sedikit gambaran perhitungan dari usaha ini ;
Misalkan anda membeli 100gr kopi Aceh Gayo dengan harga 25.000. Untuk per cup nya kita membutuhkan 10gr kopi, maka dengan 100gr kopi kita bisa membuat 10 cup kopi.
Jika per cup kopi Aceh Gayo Arabika kita jual dengan harga 10.000/cup maka untuk modal 1 cup kopi kita membutuhkan modal 2.500 untuk 10gr kopi, air, gas dll kita anggap 2.000. maka keuntungan dalam 1 cup kopi adalah 5.500.  Jika dalam 1 hari kita bisa menjual 50 cup kopi saja maka keuntungan kita 275.000 dan dalam satu bulan penuh menjadi 8.250.000. Belum lagi kalo yang kita jual tidak hanya kopi ada minuman lain, camilan atau makanan mungkin anda bisa menjabarkan sendiri.
Jika kita menyewa sebuah tempat dengan harga misalnya 10juta / tahun, dan gaji 2 karyawan misal nya 1 juta per bulan.
Maka biaya sewa per bulan 10.000.000 / 12 = 835.000
Gaji Karyawan 2 x 1.000.000 = 2.000.000
Biaya operasional misalnya 1.000.000 dalam 1 bulan
Maka keuntungan bersih yang kita dapat : 8.250.000-(835.000+2.000.000+ 1.000.000) = 4.415.000
Nah... Sekarang tergantung anda untuk memanagament kedai kopi yang anda kelola. Semakin keras kita berusaha untuk memajukan usaha kita tentu saja akan berimbas dengan keuntungannya.

Demikian sedikit gambaran yang bisa saya uraikan dalam tulisan ini.
Jika ada yang belum jelas dan ingin sharing tentang masalah kopi bisa langsung datang ke workshop kami.
Perum Graha Asri Sukodono Blok B no 1 Sukodono Sidoarjo.
Klik untuk lihat lokasi : Show Location
( 031) 8831656
Fast Respon WA ke nomer 085269977555
atau bisa juga melalui komentar di bawah

Mohon Maaf jika ada kata kata yang kurang berkenan. Salam Kopi Nusantara... !
Kopi itu digiling bukan di gunting

Artikel yang lain, klik :
Paket Usaha Kedai Kopi
Update Harga kopi Nusantara
Jual Alat Kopi Murah
Teknik Dasar Penggunaan Alat Kopi
Galery Foto 45 Coffeeshop
Ice Blend dan Frappe minuman segar di samping kopi


Baca selengkapnya

No comments:

/*tambahan lagi*/